Blog Archive

Categories

Popular Posts

Pages

Langsung ke konten utama

Tata Cara Pelaksanaan Yoga Asanas - Surya Namaskar



Tata Cara Pelaksanaan Surya Namaskar

Om svastyastu, 

Om avignmam astu namo sidham


pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tata cara pelaksanaan Surya Namaskara

marilah kita mulai, untuk pertama silahkan ambil posisi di ujung karpet dengan sikap badan tegak lurus secara rileks dan santai, 

1. ambil sikap Pranamasana, yakni kedua telapak tangan dicakupkan didepan uluhati. Biarkan nafas mengalir secara natural apa adanya.

2. selanjutnya sikap Hasta Uttanasana, yakni secara perlahan angkat kedua tangan ke atas kepala sambil menarik nafas dan tahan nafas, cakupkan kedua telapak tangan lalu bawa arah belakang jika memungkinkan. pandangan mata dituju ke ujung cakupan tangan, lalu hembuskan nafas secara perlahan.

3. selanjutnya sikap Padahastasana, yakni turunkan kedua tangan sambil menghembuskan nafas sampai perut terasa kosong, kedua telapak tangan letakan disamping kaki, jika bisa maksimalkan sikap dengan kondisi kepala didekatkan lutut,

4. baik nafas normal kembali, lalu pandangan kepala ke depan, ambil sikap Asvasancalanasana, yakni bawa kaki kiri kebelakang, kaki kanan ditekuk, kedua tangan disamping badan, tarik nafas sambil memaksimalkan badan dan kepala ke arah belakang secara rileks dan santai. hembuskan nafas secara perlahan.

5. selanjutnya sikap Parvatasana, luruskan punggung dan lengan, doronglah punggung kita secara maksimal, jika bisa telapak kaki usahakan menempeldengan permukaan lantai, pandangan kepala memandang lutut. bagi yang tidak memungkinan dengan gerakan ini,tekuklah lutut, usahakan perut mmenempel bagian paha. sikap ini bernafas dengan normal.

6. selanjutnya adalah sikap Astangga Namaskara, yakni turunkan lutut secara perlahan, pandangan ke arah depan, turunkan dada dan dagu ke permnukaan lantai, telapak tangan disamping dada. hanya 8 bagiann tubuh yang menempel permukaan lantai yaitu kedua kaki, kedua lutut, kedua telapak tangan dada dan dagu.

7. selanjutnya adalah sikap Bhujanggasana. perlahan tarik nafas dan ayunkan kepala keatas, maksimalkan kepala kearah belakang, bahu menahan berat beban tubuh, luruskan kedua telapak kaki.

8. selanjutnya adalah sikap Parvatasana kembali, luruskan punggung dan lengan, doronglah punggung kita secara maksimal, jika bisa telapak kaki usahakan menempel dengan permukaan lantai, pandangan kepala memandang lutut. bagi yang tidak memungkinan dengan gerakan ini, tekuklah lutut, usahakan perut mmenempel bagian paha. sikap ini bernafas dengan normal.

9. selanjutnya pandangan kepala ke depan, ambil sikap Asvasancalanasana, yakni bawa kaki kiri kebelakang, kaki kanan ditekuk, kedua tangan disamping badan, tarik nafas sambil memaksimalkan badan dan kepala ke arah belakang secara rileks dan santai. hembuskan nafas secara perlahan.

10. perlahan-lahan bawalah kaki kiri kedepan, luruskan kedua kaki, selanjutnya sikap Padahastasana, yakni turunkan kedua tangan sambil menghembuskan nafas sampai perut terasa kosong, kedua telapak tangan letakan disamping kaki, jika bisa maksimalkan sikap dengan kondisi kepala didekatkan lutut.

11. secara perlahan, tarik nafas secara rileks, ambil sikap Hasta Uttanasana, yakni secara perlahan

angkat kedua tangan ke atas kepala sambil menarik nafas dan tahan nafas, cakupkan kedua telapak tangan lalu bawa arah belakang jika memungkinkan. pandangan mata dituju ke ujung cakupan tangan, lalu hembuskan nafas secara perlahan.

12. kembalilah ke posisi awal, yakni Pranamasana. yakni kedua telapak tangan dicakupkan didepan 

uluhati. Biarkan nafas mengalir secara natural apa adanya.


Demikianlah setengah putaran dari 12 sikap badan Suryanamaskara telah selesai, Ulangi rangakaian Suryanamaskara secara rutin setiap pagi hari nya, dengan posisi kaki bergantian.


semoga bermanfaat, 


Om Loka Samasta Sukino Bhavantu, 


Semoga semua makhluk berbahagia.

om shanti shanti shanti om




Komentar

Postingan Terakhir

8-latest-65px

Comments

8-comments